Home » » Mata Uang Kuno & Gerbang Majapahit Ditemukan di Trowulan

Mata Uang Kuno & Gerbang Majapahit Ditemukan di Trowulan


Mata uang kuno dan berbagai macam peninggalan kerajaan Majapahit ditemukan di Trowulan, Jatim. Benda-benda bersejarah itu hasil eskavasi 100 arkeolog dari 4 universitas.

"Berdasarkan hasil survei diperoleh banyak pecahan tembikar, pecahan keramik asing, mata uang kepeng, jobong atau sumur kuno, yoni, tugu batu, dan struktur bata kuno yang menyerupai bentuk tembok dan pintu gerbang," kata arkeolog UI, Ali Akbar dalam keterangannya, Rabu (26/9/2012).

Eskavasi kawasan Trowulan ini dilakukan sejak 16 September hingga 29 September. 4 Universitas yang terlibat yakni UI, UGM, Unhas, dan Unud.

"100 arkeolog yang tergabung dalam Penelitian Arkeologi Terpadu Indonesia 2 saat ini masih terus berada di Trowulan untuk mengungkap peradaban Majapahit," jelas Ali.

Trowulan, lanjut Ali, memang dikenal sebagai kawasan yang menyimpan banyak peninggalan dari periode Kerajaan Majapahit yang pernah jaya pada sekitar abad ke 14 Masehi.

"Sejak zaman penjajahan Belanda sampai sekarang, temuan yang diperoleh di Trowulan seakan tidak pernah ada habis-habisnya. bahkan ada indikasi kuat kawasan ini berkali-kali dihuni dari periode yang berbeda beda," ungkapnya.

Ali menceritakan pada saat ekskavasi misalnya, diperoleh struktur bata kuno yang diperkirakan sebagai pondasi bangunan. Setelah diperdalam di bawah pondasi tersebut ternyata ditemukan lagi struktur bangunan lain dari periode yang berbeda.

0 comments:

Post a Comment

Subcribe Me

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Buku Tamu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. HIMA SEJARAH UR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger