Home » » Peradaban Pulau Kreta | Yunani

Peradaban Pulau Kreta | Yunani

Kreta adalah pulau terbesar yang terletak di selatan pulau Yunani. Peradaban pulau kreta disebut-sebut sebagai cikal-bakal peradaban Yunani yang muncul sekitar tahun 3000-1400 SM. Letak pulau kreta sangat strategis, yakni di tengah-tengah jalur pelayaran antara Mesir, Yunani, dan Mesopotamia. Keadaan alam yang demikian mengakibatkan mayoritas penduduk pulau ini bermata pencaharian sebagai pedagang dan melakukan kegiatan pelayaran. Selain itu, pulau Kreta juga menjadi jembatan budaya antara Asia, Afrika, dan Eropa.



Orang-orang Kreta atau juga disebut orang-orang Minoa mengenal bentuk tulisan Minos. Nama minos berasal dari nama seorang raja besar di pulau kreta yang bernama Minos. Kebudayaan pulau kreta seringkali disebut sebagai kebudayaan Minoa.

Orang-orang Kreta pandai membuat gelas, alat senjata, karya seni lukis Fresko, seni porselin (gerabah), seni pahat, seni kerajinan logam, dan berbagai arca untuk kegiatan keagamaan serta memproduksi pakaian. Masyarakat Minoa sudah menunjukkan tingkat peradaban yang tinggi, menjalin hubungan ekonomi dengan rakyat tetangga. Secara politis, wilayah kreta terbagi dalam komunitas-komunitas kecil, merupakan negara-negara kota yang terkenal seperti Knossos, Phaistos, Gortyna, dan Gournia.

Pada kota Knossus ditemukan reruntuhan istana Knossus yang berbentuk Labyrinth (rumah siput). Labyrinth berasal dari kata labrys yang berarti “mudah tersesat”. Bangunan istana didesain sedemikian rupa agar seseorang yang masuk akan mudah tersesat karena susunan kamar-kamar, ruangan, dan lorongnya banyak dan berliku-liku untuk menghalangi para penjahat yang masuk istana dan ingin menjarah kekayaan istana.

Menurut para arkeolog, peradaban orang-orang kreta secara kronologis dibagi ke dalam tiga periode, yaitu :
  1. Minoa awal (3400-2100 sebelum Masehi) dimulai zaman Tembaga dan beakhir pada penggunaan alat-alat dari zaman perunggu.
  2. Minoa Madya (2100-1600 sebelum Masehi), zaman ini ditandai dengan didapatkannya perkembangan bidang seni dan ditemukannya reruntuhan kerajaan Knossos.
  3. Minoa Akhir (1600-1200 sebelum Masehi), hal ini ditandai dengan masa puncak perkembangan kultural dan stagnansi akhir.
Kebudayaan kreta mengalami kehancuran akibat bencana alam yaitu ledakan gunung api yang maha dahsyat dari pulau Thera yang hanya berjarak 60 mil dari pulau kreta dan satu kali gelombang tsunami yang belum pernah terjadi sebelumya. Faktor lain adalah invasi bangsa pendatang yang berasal dari ras Indo-Jerman di Asia tengah yang  bergerak ke Yunani kemudian ke pulau Kreta.

Link: http://www.infosejarah.net/sejarah-dunia/peradaban-pulau-kreta-yunani.html

0 comments:

Post a Comment

Subcribe Me

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Buku Tamu

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. HIMA SEJARAH UR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger